Tambang Khewra: Keajaiban garam bagi wisatawan

0
Tambang Khewra: Keajaiban garam bagi wisatawan

Tanpa diketahui banyak orang, Pakistan adalah rumah bagi cadangan garam terbesar kedua di dunia, yang ditemukan di distrik Jhelum di provinsi Punjab.

Tambang Garam Khewra, demikian sebutannya, terletak sekitar 160 kilometer selatan Islamabad, di kaki Pegunungan Garam di sebelah utara kota Jhelum, Pind Dadan Khan.

Pemandangan bagian dalam yang bersinar dari jembatan dan ruang-ruang di Tambang Garam Khewra. — semua gambar oleh penulis

Tambang tersebut dianggap sebagai yang tertua dalam sejarah penambangan garam di anak benua tersebut.

Dengan kemurnian 98 persen, produksi garam pada tahun 2018 diperkirakan mencapai 389.134 ton per tahun. Selain pendapatan yang diperoleh dari produksi, sejumlah besar pendapatan diperoleh melalui lebih dari 40.000 wisatawan yang mengunjungi situs tersebut setiap bulannya

Tambang ini tidak hanya dikunjungi oleh penduduk setempat tetapi juga oleh wisatawan internasional, blogger, dan vlogger.

Sebuah kanon yang digunakan di masa lalu untuk menembakkan potongan garam di dalam Tambang Garam Khewra.

“Bagi saya, pertambangan adalah pengalaman yang luar biasa. Saya belum pernah melihat monumen indah yang terbuat dari garam sebelumnya. Kami mendapatkan garam batu Himalaya di Inggris, jadi pergi dan mengunjungi tempat pembuatannya sangatlah menyenangkan dan saya pikir hal ini berlaku terutama bagi pengunjung internasional,” presenter TV dan blogger perjalanan Alex Outhwaite mengatakan kepada Dawn setelah kunjungan ke tambang.

Dia menambahkan bahwa pembelajaran tentang penggunaan garam untuk kesehatan juga menarik karena hal tersebut tidak menjadi fokus di Inggris.

Di antara para wisatawan, sebagian besar dari mereka adalah pelajar dari berbagai sekolah, perguruan tinggi, dan universitas yang senang mengunjungi lokasi tersebut serta melihat langsung tambang tersebut setelah membacanya di buku.

“Sungguh aneh bagi saya ketika saya memasuki tambang dengan kereta listrik dan melihat terowongan panjang yang terbuat dari garam. Saya telah mempelajarinya di buku pelajaran saya dan tidak menganggapnya begitu menarik dan indah pada saat itu. Sungguh spektakuler melihat monumen berwarna cerah yang terbuat dari garam merah, kuning, dan merah muda,” kata Bushra Ali, seorang mahasiswa yang mengunjungi tambang bersama rombongan.

Garam sangat menakjubkan

Saat berjalan di dalam tambang, para pengunjung akan menemukan keajaiban seperti masjid, model Minar-e-Pakistan, apotek, gunung Chaghi dan beberapa bangunan berwarna lainnya yang semuanya terbuat dari batu bata garam. Monumen-monumen itu bersinar dengan cahaya di dalamnya.

“Saya menikmati struktur bercahaya indah yang terbuat dari batu bata garam, tetapi tempat terbaik di tambang adalah Crystal Palace yang luar biasa indah dengan kristal garam berkilauan seperti berlian di sekelilingnya. Ini seperti tempat impian bagi saya,” kata Abeera Fazal, seorang pengunjung dari Peshawar.

Sheesh Mahal yang mempesona, atau istana cermin, merupakan atraksi lain di tambang dengan dinding yang terbuat dari garam transparan dan kolam air yang diterangi dengan bola lampu warna-warni. Kolam dan ruangan yang diterangi cahaya telah dihubungkan dengan jembatan yang terbuat dari garam.

“Saat saya masuk Sheesh Mahal, saya merasa seperti memasuki beberapa adegan serial drama Alif Laila yang saya tonton di masa kecil,” kata Ahmad Ali, pengunjung lainnya dari Lahore.

Kolam yang memikat dengan pohon Natal adalah keajaiban lain yang dirancang di tambang.

“Metode penambangan ruangan dan pilar digunakan untuk mengekstraksi garam dari tambang. Garam di Khewra adalah yang terbaik di dunia karena terdapat dalam tiga warna berbeda, putih, merah, dan merah muda,” jelas Fayaz Hussain, seorang pemandu wisata.

Selain garamnya yang berkualitas tinggi, Khewra juga terkenal dengan gipsum, batu kapur, tanah liat kapur, kalium, batu bara dan mineral lainnya.

Penduduk setempat merasa bangga karena tinggal di dekat tambang garam terbesar kedua di dunia yang juga merupakan tempat wisata terkenal.

“Kami senang memiliki keajaiban geologis ini di mana ribuan wisatawan datang dan melihat keajaiban tambang,” Haji Zafar Ahmad Reehan, seorang penduduk Khewra berusia 80 tahun yang juga seorang pedagang garam, mengatakan kepada Dawn , seraya menambahkan bahwa pariwisata membawa manfaat bagi dunia. beberapa manfaat bagi penduduk setempat termasuk pemilik restoran, pemilik toko, pengangkut dan pemilik toko suvenir, yang menjual suvenir berbahan garam.

Menurut catatan resmi, total 419,379 wisatawan mengunjungi tambang Khewra pada tahun 2018-19, termasuk 488,928 pengunjung asal Pakistan dan 2,411 wisatawan internasional.

“Tahun ini arus masuk wisatawan mengalami peningkatan lebih dari 20 persen dibandingkan tahun 2017-18. Hal ini karena perdamaian di negara ini dan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah saat ini untuk mempromosikan pariwisata,” kata Abdul Hafiz, yang merupakan asisten kantor di resor wisata Khewra yang dikelola oleh Pakistan Mineral Development Corporation.

Kurangnya fasilitas

Namun, pakar pariwisata dan wisatawan menyatakan keprihatinannya atas kondisi jalan yang bobrok dari persimpangan Lila ke kota Khewra, dan mengatakan bahwa pemerintah harus memastikan penyediaan fasilitas bagi wisatawan.

“Dulu kereta khusus dimulai dari Rawal Pindi ke tambang Khewra dengan pemberhentian di Lala Musa dan Malak Khel. Kereta akan tiba di Khewra pada pukul 11 ​​​​pagi dan berangkat pukul 4 sore menuju Rawalpindi setiap hari. Ini adalah inisiatif yang baik dari pemerintah karena banyak wisatawan yang menggunakannya, namun sayangnya pemerintah menghentikan kereta tersebut,” kata Munir Ahmad, warga Khewra, dan berharap pemerintah dapat melanjutkan pengoperasian kereta tersebut.

Kebersihan adalah masalah lain. Pemandu wisata Hussain mengeluhkan pengunjung yang tidak peduli terhadap kebersihan dan membuang sampah serta botol plastik kemana-mana.

“Lihat saja botol-botol plastik di kolam, sudah dibuang pengunjung. Kadang pengunjung juga mengeluarkan suara keras yang juga tidak bagus,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *