Keajaiban Dunia, Pilar Kuno Berusia 1.600 di India Berdiri Tanpa Karat

0
Pilar Kuno Berusia 1.600

Kompleks Masjid Quwwat-ul-Islam di New Delhi adalah rumah bagi keajaiban dunia kuno. Di sana, terdapat pilar besi berusia 1.600 tahun yang sangat tahan terhadap karat.

Tiang Besi Qutub Minar, demikian sebutan monumen kuno ini, berukuran tinggi 7,21 meter, diameter 41 sentimeter, dan berat sekitar 6 ton.

Usianya lebih dari satu setengah milenium, diyakini telah didirikan pada masa pemerintahan Chandragupta II, salah satu kaisar paling kuat dari Kekaisaran Gupta, India.

Dan meskipun telah menghabiskan sepanjang waktu di luar ruangan, Tiang Qutub Minar hampir tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan karat, seperti dikutip dari laman Oddity Central, Kamis (14/7/2022).

Selama beberapa dekade, para ilmuwan dan pekerja logam dari seluruh dunia berspekulasi tentang sifat-sifat keajaiban yang tidak biasa ini, dan baru pada tahun 2003 misteri itu akhirnya terpecahkan.

Ada suatu masa ketika banyak orang percaya bahwa pilar tahan karat itu terbuat dari logam misterius non-bumi, sementara yang lain berspekulasi bahwa siapa pun yang membuatnya menggunakan teknik futuristik yang hilang dalam kabut waktu.

Teori kedua itu secara teknis benar, seperti yang ditunjukkan oleh ahli metalurgi di Kanpur IIT dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada jurnal Current Science.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *