Keajaiban di Austria, Gua Es Raksasa Terbesar Sedunia

0
Keajaiban di Austria, Gua Es Raksasa Terbesar Sedunia

Keajaiban dunia Gua dengan stalaktit dan stalagmit mungkin sudah biasa ditemui. Tapi bagaimana jika ada gua yang isinya diselimuti es. Inilah Eisriesenwelt, gua es di Austria yang jadi terbesar di dunia.

Eisriesenwelt yang berarti Dunia Es Raksasa dalam bahasa Jerman adalah gua batu kapur berselimut es yang berada di Werfen, Austria. Tepatnya, sekitar 40 km dari Salzburg utara. Menurut situs resmi pariwisata Austria, Kamis (14/11/2013), gua ini ditemukan pada tahun 1879.

Pelancong yang penasaran bisa datang kapan saja karena gua ini bisa dikunjungi sepanjang tahun. Karena diselimuti es, suhu di gua ini berada di bawah 0 derajat Celcius. Gua es ini jadi yang terbesar di dunia karena setiap ada peneliti yang masuk, selalu ada penemuan baru. Entah ada lorong baru atau penemuan sejenisnya. Gua ini kurang lebih memiliki panjang sekitar 48 kilometer.

Yang harus disiapkan jika ingin menjelajah gua ini tentunya pakaian yang bisa melawan dingin karena suhu cukup dingin. Selain itu juga sepatu yang tidak licin dan harus tertutup, apalagi jika Anda mendatangi gua itu pada musim dingin.

Keunikan dari gua ini adalah angin yang menjaga es di gua tetap membeku. Saat musim dingin, angin dari luar meniup ke dalam dan membuat lapisan es tetap beku. Sedangkan saat musim panas, angin dari dalam gua berhembus ke luar melawan angin hangat yang bisa melumerkan es.

Saat pertama kali masuk ke mulut gua, para pengunjung akan dibuat terpukau dengan stalaktit dan stalagmit yang terukir alami sedemikian rupa. Pintu masuknya pun cukup besar yaitu sekitar 20 meter dan tinggi 18 meter.

Tersedia banyak jasa tur yang bisa digunakan untuk menjelajah ke dalam gua sambil mendengarkan sejarah dari gua tersebut. Sebelum masuk, para peserta tur akan diberikan senter. Pemberhentian pertama adalah Poselt Hall, di mana ada es yang berbentuk seperti menara.

Selanjutnya adalah pemberhentian paling terkenal yaitu Great Ice Embankment. Ini adalah formasi es yang tinggi menjulang hingga 22 meter. Spot yang tak kalah keren adalah Hymir’s Castle. Memiliki nama lain Ice Organ, lekukan es yang rumit dan indah ini didramatisir dengan lampu magnesium yang warna-warni.

Jam buka gua ini mulai dari 09.00 pagi hingga 16.30 sore waktu setempat. Pada bulan September atau Oktober, suhu di gua sangat dingin. Ada satu hal yang harus diperhatikan, pengunjung tidak bisa sembarangan memotret saat berada di dalam gua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *