Menjelajahi keajaiban tersembunyi Gua Son Doong di Vietnam

0
Menjelajahi keajaiban tersembunyi Gua Son Doong di Vietnam

Di suatu tempat di medan terjal Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang di Vietnam, terdapat dunia misterius Gua Son Doong. Saat ini, Gua Son Doong merupakan gua terbesar di dunia, dan menjelajahi gua ini bukanlah hal yang mudah. ​​Dunia bawah tanah Gua Son Doong menyimpan banyak harta karun, baik yang diketahui maupun yang tidak diketahui. Rasanya seperti melakukan perjalanan penuh petualangan ke kedalaman Bumi.

Diperkirakan Gua Son Doong terbentuk sekitar 2-3 juta tahun lalu. Menariknya, usia batu kapur yang ada di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang menunjukkan kemungkinan bahwa wilayah tersebut secara keseluruhan berusia lebih dari 400 juta tahun.

Gua Son Doong merupakan hasil erosi air sungai terhadap batuan kapur karst dan, dalam prosesnya, mengukir formasi rumit stalagmit dan stalaktit, ruang bawah tanah yang sangat besar, dan fitur geologi unik yang terus membuat kagum para ilmuwan dan penjelajah.

Menjelajahi Gua Son Doong bukanlah hal yang mudah. ​​Diperkirakan Gua Son Doong membentang sepanjang 9 km, beberapa bagian gua tingginya 200 meter dan lebarnya 150 meter.

Menurut catatan, Gua Son Doong ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 1990, tetapi tidak ada seorang pun yang menginjakkan kaki di dalam gua tersebut hingga tahun 2019. Gua tersebut tidak dieksplorasi selama beberapa tahun, dan diyakini bahwa hingga saat ini, beberapa area gua tersebut belum sepenuhnya dieksplorasi. Bayangkan jurang sebesar ini di permukaan Bumi, dengan ekosistemnya sendiri, cuacanya sendiri, dan sistem sungainya sendiri, ini adalah dunia yang sama sekali berbeda. Besarnya dunia bawah tanah ini akan membuat Anda kagum.

Para ilmuwan yang telah menjelajahi gua tersebut juga mengatakan bahwa gua ini sangat besar dan tinggi sehingga dapat menampung gedung pencakar langit setinggi 40 lantai dengan nyaman. Sebuah ruangan selebar 5 km dapat dengan mudah menampung seluruh lingkungan.

Bahasa Indonesia : Saat Anda berjalan melalui Gua Son Doong, Anda akan menemukan formasi unik seperti Watch Out for Dinosaurs , sebuah doline besar (celah di langit-langit), dan Tembok Besar Vietnam , penghalang kalsit luar biasa yang terbentuk oleh air yang kaya mineral, untuk menyebutkan beberapa.

Melalui banyaknya doline gua, cahaya dan tanaman memasuki gua dan membentuk hutan unik di dalam gua. Karena gua itu tidak tersentuh selama jutaan tahun, orang hanya dapat membayangkan berbagai spesies tanaman dan hewan yang tumbuh subur di dalam gua. Beberapa dari mereka telah berevolusi sedemikian rupa sehingga mereka dapat hidup dengan nyaman dalam kegelapan total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *