Keajaiban Harta Karun Bawah Laut dan Pesisir Kuba

0
Keajaiban Harta Karun Bawah Laut dan Pesisir Kuba

Taman Nasional Semenanjung Semenanjung Guanahacabibes, Provinsi Pinar del Rio, Kuba bagian barat. Oleh Claudio Contreras.

Tim WILDCOAST melakukan ekspedisi ke Kuba pada bulan September bersama kru film dari “Por el Planeta”, program berita nasional di jaringan Televisa Meksiko. Tujuannya adalah untuk mendokumentasikan kekayaan terumbu karang dan ekosistem mangrove Kuba yang luar biasa serta kawasan lindungnya. Hampir mustahil untuk menggambarkan atau bahkan menggambarkan keindahan dan kekayaan bawah laut dan pesisir Kuba serta pentingnya kekayaan tersebut bagi konservasi keanekaragaman hayati laut. Namun di tempat-tempat seperti Jardines de la Reina, salah satu kawasan lindung laut yang paling terpelihara di dunia, atau di Taman Nasional Guanahacabibes, kekayaan terumbu karang dan mangrove memberi kehidupan bagi lautan.

Orang-orang yang pernah mengunjungi Kuba sering mendengar bahwa pulau itu “membeku dalam waktu”, sebuah pemandangan yang Anda lihat karena mobil-mobil klasiknya yang tua, arsitektur kolonial, dan kurangnya internet, tetapi sebagian besar karena lautannya. Berkat kawasan lindung laut Kuba, Anda bisa merasakan bagaimana terumbu karang dan hutan bakau dulu terlihat 50 tahun yang lalu di seluruh Laut Karibia. Kawasan ini dapat menunjukkan betapa melimpah, beragam, dan megahnya lautan tropis jika kita menghargai ekosistem dan sumber daya alamnya.

ami sangat beruntung dapat memulai ekspedisi ini dan mengapresiasi pantai Kuba melalui lensa fotografer alam hebat Claudio Contreras-Koob dan Manual Lazcano, serta ditemani oleh reporter Meksiko ternama Alberto Tinoco dan krunya dari Televisa.

Taman Ratu

Perhentian pertama kami adalah di Taman Nasional Jardines de la Reina, sebuah kepulauan kecil di lepas pantai Kuba Selatan. Daerah ini membentang lebih dari 536.219 hektar dan dikelilingi oleh terumbu karang dan hutan bakau yang belum tersentuh. Setiap penyelaman, tanpa kecuali, dipenuhi dengan begitu banyak kehidupan yang luar biasa. Anda dapat menemukan hiu karang dan hiu sutra, penyu laut, ikan kerapu besar, berbagai jenis ikan karang dan karang. Bahkan pantainya diberkahi dengan berbagai spesies eksotis seperti hutia, buaya, iguana, dan kepiting pertapa besar. Daerah ini, tanpa diragukan lagi, memiliki terumbu karang yang paling terpelihara di lautan Karibia dan kunci dari daerah yang terpelihara dengan baik ini adalah pembatasan penangkapan ikan dan pariwisata.

Sayangnya, biaya untuk mengunjungi daerah terpencil seperti itu relatif tinggi, tetapi investasi yang dilakukan untuk menjaga tempat ini tetap liar dan asri akan jauh lebih tinggi. Akan sangat disayangkan jika tempat yang menakjubkan dan terpelihara dengan baik seperti itu dihancurkan untuk mengakomodasi pengembangan pariwisata. Itulah sebabnya WILDCOAST dan mitranya berkomitmen untuk menyebarkan berita tentang keberhasilan konservasi ini. Tidak banyak tempat seperti ini di dunia, dan kita harus melakukan segala daya untuk memastikan tempat ini tetap lestari.

Anda akan segera mendapatkan kesempatan untuk menikmati tempat ini melalui TV dengan menonton acara “Por el Planeta”. Kami akan memastikan untuk memberikan Anda tautannya sehingga Anda dapat melihat mengapa tempat ini sangat penting untuk dilestarikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *