Keajaiban Pegunungan Alpen: Menemukan Pegunungan Tertinggi di Albania

0
Keajaiban Pegunungan Alpen: Menemukan Pegunungan Tertinggi di Albania

Terletak di Semenanjung Balkan, Albania berbatasan dengan Montenegro, Kosovo, Makedonia, dan Yunani, dengan garis pantai barat berbatasan dengan Laut Adriatik dan Laut Ionia. Bentang alam Albania sebagian besar berupa pegunungan. Faktanya, sekitar tiga perempat daratannya terdiri dari pegunungan dan perbukitan.

Namun, apa saja gunung tertinggi di Albania? Dan di mana gunung-gunung tersebut berada? Itulah yang akan kita temukan, dimulai dengan melihat jajaran pegunungan yang menjadi rumah bagi puncak-puncak tertinggi Albania.

Pegunungan Albania

Meskipun pegunungan ditemukan di hampir setiap sudut wilayah Albania, gunung tertinggi di Albania ditemukan di dua pegunungan utama: Pegunungan Alpen Albania dan Daerah Pegunungan Tengah.

Pegunungan Alpen Albania atau “Prokletije” merupakan perpanjangan dari Pegunungan Dinarides, yang merupakan rumah bagi sebagian besar gunung tertinggi di Albania. Secara keseluruhan, pegunungan ini membentang di sebagian besar wilayah Albania utara, serta memasuki Kosovo dan Montenegro. Pegunungan ini lebih dikenal dengan julukan yang lebih misterius, seperti Bjeshkët e Nëmuna atau Pegunungan Terkutuk. Meskipun banyak legenda tentang asal usul nama ini, nama ini mungkin berasal dari sifat medan pegunungan yang kasar, berbatu, dan berhutan lebat, yang masih jarang penduduknya hingga saat ini.

Sebaliknya, lebih banyak orang tinggal di antara puncak-puncak pegunungan di Wilayah Pegunungan Tengah atau “Krahina Malore Qëndrore.” Sebagian besar terdiri dari batuan sedimen seperti dolomit dan batu kapur, di sinilah orang dapat menemukan gunung tertinggi di Albania.

Gunung Korab

Di tepi paling timur pegunungan tengah, puncak tertinggi Albania menjulang hingga sekitar 9.030 kaki. Gunung Korab atau “Mali i Korabit” adalah gunung gipsum besar di dalam Taman Alam Korab-Koritnik. Terletak di perbatasan antara Albania dan Makedonia Utara, puncaknya, Korab Besar, adalah titik tertinggi kedua negara, yang langka di Eropa.

Dianggap sebagai salah satu jajaran pegunungan yang paling padat di jenisnya, pegunungan ini merupakan campuran dari jurang yang curam, bebatuan yang kasar, dan relief gletser seperti sirkus. Hutan ek dan beech serta padang rumput pegunungan ditemukan di bagian tertingginya, sementara jaringan sungai, anak sungai, dan danau yang rumit mengelilinginya. Semua ini tidak hanya menyediakan habitat amfibi yang ideal, tetapi mungkin juga menjadi asal muasal nama Korab, yang berarti “kapal”.

Selain Great Korab, ada beberapa puncak lain yang mengesankan di jajaran ini. Bahkan, banyak yang tidak jauh dari segi ketinggian. Karena itu, orang sering menemukan nama-nama mereka, seperti Korab II, tercantum di antara gunung-gunung tertinggi di Albania. Namun, banyak yang tidak menganggapnya sebagai gunung yang berdiri sendiri, melainkan sebagai subpuncak dari gunung yang sama, yang akan kita bahas dan contoh-contoh serupa lainnya.

Gunung Jezerce

Gunung terbesar kedua di Albania adalah Gunung atau “Maja” Jezercë. Dengan ketinggian sekitar 8.839 kaki di atas permukaan laut, gunung batu kapur raksasa ini bukan hanya yang tertinggi di Pegunungan Terkutuk, tetapi juga di semua Pegunungan Alpen Dinaric. Meskipun demikian, jika semua puncak Korab diperhitungkan, gunung ini akan menjadi titik tertinggi keempat atau kelima di negara ini.

Seperti banyak Pegunungan Terkutuk, Jezercë hampir tidak memiliki flora. Gunung ini memperlihatkan bukti glasiasi, termasuk sebuah cirque. Di sebelah utara pegunungan, terdapat Liqeni i Madh i Jezercës. Ada yang mengatakan bahwa gunung ini dinamai berdasarkan danau ini, merujuk pada kata jezero, yang berarti “danau.” Terletak sekitar tiga mil di selatan perbatasan dengan Montenegro, gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Pegunungan Alpen Albania.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *