Taj Mahal sudah sukses masuk ke dalam deretan 7 keajaiban dunia terkini. Web yang jadi ikon India ini, sudah dikira selaku mahakarya arsitektur, makam marmer putih di abad ke- 17 menarik sampai kurang lebih 8 juta turis per tahunnya.

7 keajaiban dunia terkini ialah hasil pengambilan suara online yang telah diawali semenjak tahun 2001 hingga tahun 2007. Apalagi, sudah lebih dari 90 juta orang membagikan polling mereka dari catatan 21 finalis web yang dijadikan opsi.

Web yang megah ini, tampaknya memiliki sebagian kenyataan sejarah unik serta menarik di dalamnya. Apa saja kenyataan sejarah unik serta menarik dari Taj Mahal? Berikut penjelasan singkatnya.

1. Dibentuk sebab Cerita Percintaan

Bisa jadi kamu hendak bertanya, kenapa bangunan ini mempunyai nama Taj Mahal? Perihal itu sebab bangunan ataupun web ini dibentuk selaku makam Mumtaz Mahal, ialah istri ketiga dari Shah Jahan. Mumtaz Mahal serta Shah Jahan bertunangan dikala Shah berumur 15 tahun serta Mumtaz berumur 14 tahun.

Hendak namun, mereka menikah sehabis 5 tahun setelah itu. Perihal itu berdasar pada perspektif kemujuran seseorang astrolog. Sedangkan menunggu 5 tahun buat menikah dengan Mumtaz, Shah menikah terlebih dulu dengan wanita lain.

Dikala menikah dengan Mumtaz, dia jadi permaisuri utama. Perkawinan panjang Mumtaz serta Shah membuahkan 14 anak serta pengamat majelis hukum perupaya dengan keras untuk

menulis terpaut dedikasi keduanya. Apalagi, Mumtaz merupakan orang keyakinan terdekat serta penasihat politik pula.

Sampai kesimpulannya, Mumtaz wafat dunia di umur 38 tahun, sehabis terjalin pendarahan postpartum. Dikala itu, Shah sangatlah terpukul. Pada awal mulanya, jenazah Mumtaz hendak dikebumikan di tempat lain, namun sehabis pembangunan Taj Mahal berakhir, Mumtaz dimakamkan di situ.

2. Pembuatannya Memerlukan Tentara

Taj Mahal yang memanglah dibentuk buat Mumtaz, tiap bagian terkecilnya juga wajib dicermati serta terbuat sebaik bisa jadi. Para pekerja yang bekerja di masing- masing sudut bangunan Taj Mahal ini juga kurang lebih 22. 000 orang. Tidak cuma itu, desain bangunan itu juga memanggil ribuan seniman, penulis, serta pemahat batu yang sanggup melaksanakan mengerjakan pekerjaan rumit.

Apalagi, telah lebih 1. 000 gajah yang dipakai buat mengangkat bermacam bahan bangunan, setelah itu dibawa oleh lembu ke jalur tanah sepanjang 9 mil yang terbuat guna proyek Taj Mahal. Perihal yang mencengangkannya merupakan memerlukan waktu dekat 12 tahun buat menuntaskan bangunan ini.

3. Memerlukan Dana yang Mahal

Pembuatan web Taj Mahal dikenal memakan dana yang bukanlah sedikit. Bermacam bahan bangunan juga dihadirkan dari segala India serta Asia. Bahan ataupun material tersebut, di antara lain marmer putih dari Makrana, pirus dari Tibet, batu mulia dari Cina, serta sebagainya. Ditaksir total proyek Taj Mahal berakhir pada tahun 1653, ialah kurang lebih 32 juta Rupee ataupun setara dengan 916 juta dolar.

4. Wujud Bangunan yang Simetris

Taj Mahal merupakan web dengan wujud yang sangat sepadan ataupun simetris, apalagi sempurna. Web ini diatur pada simetri bilateral yang menghampar pada sumbu pusat. Di dasar pimpinan Shah Jahan, web ini terbuat sedemikian rupa sehingga memiliki wujud yang simetris serta sempurna.

5. Memiliki Hukum Pelindung Khusus

Taj Mahal merupakan web yang amat bernilai untuk pemerintahan negeri India. Terdapat banyak ancaman dari negara- negara lain buat melaksanakan aplikasi penyerangan hendak bangunan

Taj Mahal. Supaya melindungi bangunan ini dari bermacam pencemaran area, kawasan seluas 4. 000 mil persegi ini dibentuk serta dikenal selaku Zona Taj Trapezium ataupun TTZ.

Posisi Taj Mahal memiliki standar emisi ketat serta bersumber pada vonis Mahkamah Agung India pada tahun 1966, melarang konsumsi batu bara di industri yang terletak di dalam Zona Taj Trapezium. Apalagi, sebagian industri di sekitarnya dimohon buat mengubah dari batu bara jadi gas alam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *