Kisah Ajaib Masjid Rahmatullah Lhoknga Jadi Satu-Satunya Bangunan Tersisa Usai Terjangan Tsunami Aceh 2004

0
Kisah Ajaib Masjid Rahmatullah Lhoknga Jadi Satu-Satunya Bangunan Tersisa Usai Terjangan Tsunami Aceh 2004

Pada 26 Desember 2004, gempa 9,1 skala Richter (SR) mengguncang Samudera Hindia, di lepas pantai Sumatera Utara, Indonesia. Lindu memicu tsunami dahsyat yang menyapu area pantai di sejumlah negara

Aceh – Tsunami Aceh 2004 adalah adalah salah satu tragedi bencana alam terburuk yang tercatat dalam sejarah modern. Lebih dari 230 jiwa meninggal dan atau hilang.

Kala itu, gempa megatrust 9,1 skala Richter (SR) mengguncang Samudra Hindia, di lepas pantai Sumatera Utara, Indonesia yang lantas memicu tsunami dahsyat yang menyapu area pantai di sejumlah negara.

Indonesia kehilangan paling banyak penduduk. Dampak paling massif terjadi di Aceh. Sementara, di Aceh sendiri, salah satu daerah paling terdampak adalah Lhoknga, dekat Banda Aceh.

Sebelum tsunami, wilayah ini dihuni oleh sekitar 6.000 orang. Sebagiannya adalah kalangan menengah atas.

Kota ini nyaris rata dengan tanah usai terjangan tsunami, 26 Desember 2022. Tak terhitung jumlah korban pasti di kota ini.

Namun ada keajaiban. Sebuah bangunan masjid berdiri tegak di tengah kehancuran. Sejumlah orang yakin, kuasa Illahi menyelamatkan Masjid Rahmatullah tersebut.

Masjid Rahmatullah ini menjadi saksi bagaimana kedahsyatan empasan gelombang tsunami yang meluluhlantakkan Aceh, pada 2004 silam.

Masjid yang hanya berjarak 500 meter dari bibir pantai ini menjadi satu-satunya bangunan yang tersisa. Meskipun beberapa sisi bangunan masjid rusak, sebagian besar tetap utuh dan selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *