Keajaiban Dunia ke-8: Ancaman Pertambangan terhadap Warisan Budaya Bawah Laut kita

0
Keajaiban Dunia ke-8: Ancaman Pertambangan terhadap Warisan Budaya Bawah Laut kita

Keajaiban Dunia ke-8 Kisah-kisah manusia, tradisi, dan kepercayaan adalah di antara jejak-jejak ini, selain bangkai kapal fisik, sisa-sisa manusia, dan artefak arkeologi yang terletak di dasar laut. Sepanjang sejarah, manusia telah melakukan perjalanan melintasi lautan sebagai pelaut, menciptakan jalur baru ke negeri yang jauh dan meninggalkan bangkai kapal akibat cuaca, perang, dan era perbudakan Afrika transatlantik. Budaya di seluruh dunia telah mengembangkan hubungan yang erat dengan kehidupan laut, tumbuhan, dan semangat lautan.

Dalam 2001, komunitas global berkumpul untuk secara lebih formal mengenali dan mengembangkan definisi dan perlindungan untuk sejarah kolektif manusia ini. Diskusi tersebut, bersama dengan kerja multilateral selama lebih dari 50 tahun, menghasilkan pengakuan dan penetapan istilah umum “Warisan Budaya Bawah Laut”, sering disingkat menjadi UCH.

Percakapan tentang UCH berkembang berkat Dekade PBB untuk Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Masalah UCH mendapat pengakuan karena Konferensi Laut PBB 2022 dan peningkatan aktivitas seputar potensi penambangan dasar laut di perairan internasional – juga dikenal sebagai Deep Seabed Mining (DSM). Dan, UCH dibahas sepanjang 2023 Maret Otoritas Dasar Laut Internasional pertemuan sebagai negara memperdebatkan masa depan peraturan DSM.

Dengan 80% dasar laut belum terpetakan, DSM menimbulkan beragam ancaman terhadap UCH yang diketahui, diantisipasi, dan tidak diketahui di lautan. Tingkat kerusakan lingkungan laut yang tidak diketahui oleh mesin DSM komersial juga mengancam UCH yang terletak di perairan internasional. Akibatnya, perlindungan UCH telah muncul sebagai topik yang menjadi perhatian masyarakat Pribumi Kepulauan Pasifik – yang memiliki sejarah leluhur yang luas dan hubungan budaya dengan laut dalam dan polip karang yang tinggal di sana – selain keturunan Amerika dan Afrika Era Transatlantik Perbudakan Afrika, Di antara banyak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *