Apakah Candi Borobudur Termasuk 7 Keajaiban Dunia?

0
Apakah Candi Borobudur Termasuk 7 Keajaiban Dunia?

Candi Borobudur adalah candi bercorak Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang memiliki tinggi mencapai lebih dari 35 meter dan luas mencapai 15.000 meter persegi. Fakta ini membuat Candi Borobudur menjadi monumen Buddha terbesar di dunia. Pada 1991, UNESCO bahkan sudah menetapkan Candi Borobudur sebagai situs warisan dunia.

Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia juga meyakini bahwa Candi Borobudur termasuk dalam tujuh keajaiban dunia.

Tidak termasuk 7 keajaiban dunia

Tujuh Keajaiban Dunia atau New 7 Wonders of the World digagas oleh Yayasan New Open World Corporation (NOWC) dari Swiss pada 2000. Tujuan dari pembentukan Tujuh Keajaiban Dunia adalah untuk menggantikan daftar Tujuh Keajaiban Dunia asli yang terakhir kali disusun pada abad ke-2 SM. Adapun pemilihan bangunan yang masuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia dilakukan berdasarkan pemungutan suara lebih dari 100 juta orang di dunia. Candi Borobudur pun masuk dalam daftar nominasi, bersama dengan Sawah Terasering Tegallalang di Bali.

Lalu, pada 24 Desember 2004, sebanyak 77 situs masuk daftar teratas, yang kemudian dipilih lagi menjadi 21 finalis. Sayangnya, Candi Borobudur tidak berhasil lolos sebagai finalis. Final penetapan Tujuh Keajaiban Dunia diumumkan secara resmi pada 7 Juli 2007, di Lisbon, Portugal. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa Candi Borobudur tidak masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia. Kendati begitu, Candi Borobudur diakui oleh UNESCO dan ditetapkan sebagai situs warisan dunia atau World Heritage List.  Candi Borobudur pun menjadi situs budaya pertama Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut pada 1991. Alasan UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai situs warisan dunia karena bangunan candinya yang unik dan memiliki arsitektur luar biasa.

Referensi: Elnov. (2020). Anomali: Memoar Seorang Bipolar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Pasalnya, setiap bangunan di Borobudur memiliki karakteristik dan makna tersendiri.

LINK TERSEDIA :

ROKOKBET
FOR4D
NANA4D
OKEWLA
SHIOWLA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *