Keajaiban Goa Sanghyang Tikoro Memiliki Mitos di Bandung Barat

0
Keajaiban Goa Sanghyang Tikoro Memiliki Mitos di Bandung Barat

Goa Sanghyangtikoro, merupakan sebuah destinasi wisata alam yang unik dan menarik di Bandung Barat, menyimpan beragam cerita kental, mulai dari pembentukan goa hingga mistis yang mengelilinginya.

Meskipun dikenal mistis dan memiliki mitos, pesonanya tak terbantahkan, menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan yang dihiasi oleh pepohonan rindang dan bebatuan eksotis.

Sanghyangtikoro adalah Keajaiban alam sebuah tempat berupa gua dan sungai bawah tanah yang terletak di Rajamandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Sanghyang Tikoro Goa eksotik yang penuh mister di Bandung”. Sabtu, 2 Maret 2024.

Sanghyang berasal dari Sang dan Hyang. Sang adalah kata sandang yang digunakan oleh orang Sunda dulu untuk menghormati seseorang atau sesuatu.

Sementara Hyang adalah sebutan untuk keberadaan spiritual tak kasat mata yang memiliki kekuatan supranatual.

Kemudian Tikoro adalah bahasa sunda yang berarti tenggorokan. Ini mungkin untuk menggambarkan tempat tersebut yang berupa sungai bawah tanah yang mengalir melalu rongga-rongga, seperti tenggorokan.

Fakta sejarah menyebutkan bahwa terbentuknya gua bawah tanah ini membuktikan bagaimana luar biasanya proses erosi dari aliran Citarum yang deras sehingga mampu melubangi batuan kapur yang ada di wilayah ini.

Destinasi ini, meski terbilang menantang untuk dicapai, menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *