Keajaiban Kota Kuno Bawah Tanah di Turki, Bangunannya 20 Lantai ke Perut Bumi

0
Keajaiban Kota Kuno Bawah Tanah di Turki, Bangunannya 20 Lantai ke Perut Bumi

Dunia menyimpan begitu banyak cerita dan keajaiban di dalamnya. Salah satu keajaibannya adalah Kota Kuno bawah tanah yang berada di Turki. Bangunan kota bawah tanah ini bahkan mencapai 20 lantai ke bawah perut bumi.

Karena inilah, kota tersebut juga dijuluki sebagai Kota Jin. Lantas bagaimana keajaiban Kota Kuno bawah tanah di Turki yang bangunannya capai 20 lantai ke perut bumi?

Bangunan 20 Lantai ke Perut Bumi

Kota kuno bawah tanah di Turki ini sukses mencuri perhatian. Bagaimana tidak, dikatakan bangunan kota kuno ini mencapai 60 meter di bawah tanah. Atau bisa dikatakan pula 20 lantai ke bawah perut bumi.

“Kota ‘bawah tanah’ seluas puluhan kilometer, sampai-sampai para peneliti mengatakan kita bawah tanah ini paling ya golongan jin yang bangun (saking mencengangkannya) 😅🇹🇷,” tulisnya dalam video.

“Kota bawah tanah, ini kota terbesar di dunia seluas Jakarta. Kedalamannya sampai 60 meter di bawah tanah. Ini ada 20 tingkat, jadi rumah ini 20 tingkat ke bawah tanah,” ujar wanita ini.

“Dan di sini tuh lengkap. Ada rumah, ada sekolah, ada gereja, ada kamar mandi, ada gudang penyimpanan makanan bahkan ada kandang hewan,” lanjutnya.

Usia Kota Kuno Bawah Tanah

Kota ini rupanya ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pria yang ingin merenovasi basement rumahnya. Setelah diteliti oleh para arkeolog, kota bawah tanah ini telah ada sejak ratusan Sebelum Masehi.

“Usianya sudah berapa ribu tahun?,” tanya pria yang merekam.”Jadi ini tuh awalnya ya pada tahun 1960-an, seorang laki-laki itu sedang merenovasi basement rumahnya. Dibongkar lah dinding basement nya, oh ternyata ada sebuah ruangan. Pas didobrak terus menerus, ini ruangan kok ke mana-mana. Dilaporkan, akhirnya terus ketahuanlah si kota bawah tanah ini,” jelas wanita ini.”Terus oleh para arkeolog itu kemudian diteliti, ternyata kota bawah tanah itu ada sejak tahun 800 sampai 700 Sebelum Masehi,” sambungnya.

Pintu Hanya Muat Satu Orang

Menariknya, bangunan ini memiliki pintu yang berukuran kecil. Bahkan pintu-pintu ini hanya muat untuk satu orang.

“Dan ini memang sengaja jalannya di bikin sempit supaya nanti ketika ada musuh menyerang, mereka itu tidak bisa yang berkerumun. Misal ada musuh datang menyerang itu akan satu lawan satu, gak bisa keroyokan,” ujarnya menjelaskan.”Makanya sengaja jalannya dibikin cuma muat buat satu orang,” ulang wanita ini.

Dijuluki Kota Jin

Tak hanya itu, ternyata kota kuno ini berada di bawah Cappadocia. Karenanya, Cappadocia juga dijuluki sebagai Kota Jin.

“Ruangan berbentuk goa gini, jadi kan ada yang kaya gunung naik ke atas itu semuanya bolong-bolong gini. Kalau ada tanah yang rata, itu di bawahnya juga kaya gini,” kata wanita ini melanjutkan. “Jadi full sepenuhnya seperti ini seluruh Cappadocia. Kalau yang di atas ya berarti ngukirnya ke atas, kalau yang tanah rata berarti ngukirnya ke dalam,” jelasnya.”Ini sebabnya Cappadocia dijuluki Kota Jin,” ujar pria ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *