Mengintip Sejarah Megahnya Arsitektur Taj Mahal di India

0
Mengintip Sejarah Megahnya Arsitektur Taj Mahal di India

Taj Mahal merupakan salah satu bangunan ikonik dunia yang terletak di India. Bangunan yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO ini berada di sebuah taman yang luas dan simetris di tepi sungai Yamuna di kota Agra.
Melansir Odynovo, Kamis (9/11/2023), Taj Mahal dibangun antara tahun 1632 dan 1653 oleh raja kelima Kerajaan Mughal, Shah Jahan. Sang raja yang memerintah sebagian besar India utara antara abad ke-16 dan ke-18 ini membangun Taj Mahal untuk mengenang istrinya, Mumtaz Mahal, yang meninggal dunia akibat komplikasi saat melahirkan.

Konstruksi Taj Mahal

Taj Mahal dibangun di tepi Sungai Yamuna di Kota Agra. Pada abad ke-17, kawasan ini merupakan lokasi taman dan istana Kekaisaran Mughal yang terpandang. Sungai Yamuna sendiri merupakan anak sungai dari Sungai Gangga yang dianggap suci oleh masyarakat Hindu di India.

Struktur bangunan Taj Mahal merupakan perpaduan arsitektur Hindu dan Islam. Proses pembangunan Taj Mahal memakan waktu lebih dari 20 tahun untuk selesai. Selain itu, Taj Mahal diperkirakan dibangun oleh sekitar 20.000 orang.

Sementara itu, pembangunan ini juga menelan biaya yang tak sedikit, yaitu sekitar 53 miliar rupee atau sekitar US$ 827 juta atau setara dengan Rp 12,9 triliun yang berasal dari kas negara.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membangun Taj Mahal juga diketahui berasal dari seluruh India dan bahkan Asia. Bahan-bahan bangunan tersebut diangkut oleh lebih dari 1.000 gajah.

Bahan-bahan bangunan tersebut, meliputi bata dari Agra, batu pasir dari kawasan berjarak 45 km dari Agra, marmer putih dari Makrana, jasper dari Punjab, giok dan kristal dari Cina, pirus dari Tibet, lapis lazuli dari Afganistan, safir dari Sri Lanka, dan carnelian dari Arab.

Related Keyword:

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Link agen togel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *